Monday, August 07, 2006

Pembajak Blog

Baruuu aja gw berasa gegar jadi blogger, eh mesti dihadapkan sama isu bajak membajak. Pas gw baca sepatumerah, gw membacalah itu postingan tentang aksi bajakan terhadap tulisan dia.



Tersebutlah seorang bernama X konon membajak tulisan dia. Ternyata Mbak X gak cuma ngebajak tulisan dari sepatumerah, tapi juga dari beberapa blog lain. Daaaann niat banget pula ngebajaknya. Lengkap dengan link, plus foto. Widih. Emang siiiyy kita mesti total dalam mengerjakan segala sesuatu... tapi mbok yao...

Waktu itu gw dan Victor pernah berbincang soal asas copy-paste dalam blog. Soalnya gw abis berkunjung ke blog kodoksakti dan menyadari foto yang dia bikin itu caem-caem. Kan nyesek pasti rasanya kalo tiba-tiba dia nemu foto karya dia di blog orang, tanpa sepengetahuan dia. Kalo Victor sih bilangnya, "Ah dia aja yang fotonya lebih keren dari gw, foto-fotonya gak diproteksi," sambil merujuk ke satu blog lain. Mmmm, tapi kaaannn Viicc..

Kalo gw siy, kalo sampe ada yang ngopi-paste tulisan gw, gw heran kali yak. Apalagi tulisan di pippilotta, lah itu kan personal, situasional dan lokasional (ada gak sih kata ini?) banget. Lagian kayaknya gw juga gak siap kalo tulisan gw tiba-tiba melihat tulisan gw dikopi sama orang lain. GR-nya mah jelas, tapi abis itu pasti bingung mau diapain.

Ketika gw cerita ke Nita soal kasus ini, dia langsung mengurungkan niatnya untuk naro tulisan feature radio dan karya-karya puisi dia di blog. "Takut dibajak," gitu katanya. Iya siy, gw ngerti pertimbangan itu. Gw juga suka ngeri kalo sajak-sajaknya minke dibajak orang. Dianya sih gak pikirin amat, nah gw-nya ntar yang sewot.

Lalu terus gimana dong? Masa kita berhenti berkarya karena takut dibajak? Masa kita jadi gak nulis blog karena ngeri ada yang main copy-paste? Ini bukannya ibarat gak makan karena takut gendut yak? Itu mah bulimia aje lu! Yaaaaa.. risiko mah emang ada di mana-mana ya. Tapi masa kita jadi gentar sih dengan pembajak-pembajak blog ini?

Makanya gw seneng pas nemu icon 'jangan asal copy paste'. Gw langsung pasang deh di blog pippilotta dan blog ini. Tentu saja memasang icon gak akan memproteksi apa pun yang gw tulis di sini. Paling enggak, ngasi woro-woro dari awal kalo gw berpaham demikian, jadi jangan macem-macem. Ibarat pasang gembok di pintu pager, niatnya kan woro-woro sama maling kalo si pemilik rumah sudah siap memproteksi diri sendiri.

Well, mungkin ada ya ada kode-kode HTML yang membuat tulisan gak bisa dicopy. Tapi disertasi gw bakal di ujung tanduk kalo gw nekat nyari kode-kode HTML itu sekarang, hihihi..

dok: sepatumerah

5 comments:

Unknown said...

kalo si oknum itu cuman copy foto2 gw trus dibawa pulang buat ditunjukin anaknya yg susah tidur kalo gak liat foto cewek seksi, sumpah gw gak keberatan.

atau kalo si oknum itu copy foto2 gw trus diprint buat ngerayu spg di pameran biar mau jadi model dia, pun gw gak keberatan.

tapi kalo dia copy foto2 gw trus dimasukin ke blog dia, gw cuma bisa ngurut dada, geleng2 kepala, trus YM lo cit, biar elo aja yg sikat tu anak hehehe.

pippilotta said...

ah kamyu. gw berasa kayak tukang pukul. perasaan situ yang badannya lebih gede dari gw.. hihihi..

Anonymous said...

Hallo Mba Citra, coba aja copy paste code Java Script di link dibawah ini. Supaya si pembaca gak bisa right click dan copy paste seenaknya :)

Semoga membantu.. hehehe

http://www.dynamicdrive.com/dynamicindex9/noright.htm

pippilotta said...

hai mbak eksi! maaciy yaaa.. kamyu telah menghindarkan gw dari pencarian kode-kode html berikutnya, kiekeikeiek..

btw, gw suka template kamyu. ah, gw selalu suka template-template sederhana..

Anonymous said...

эротика порно видео фото
старые ебут молодых
3d porno бесплатно
видеоролики порнуха бесплатно
порно видео лишение девственности